• SMK NEGERI 1 MEUREUBO
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Dokumen 1 SMKN 1 Meureubo

 

BAB I

PENDAHULUAN

<![if !supportLists]>A.    <![endif]>RASIONAL

<![if !supportLists]>I.        <![endif]>Latar Belakang

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 Ayat (2) menyebutkan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Juga pasal 36 Ayat (3) menyebutkan bahwa kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan: (a) peningkatan iman dan takwa; (b) peningkatan akhlak mulia; (c) peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik; (d) keragaman potensi daerah dan lingkungan; (e) tuntutan pembangunan daerah dan nasional; (f) tuntutan dunia kerja; (g) perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; (h) agama; (i) dinamika perkembangan global; dan (j) persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.

Terkait dengan pembangunan pendidikan, masing-masing daerah memerlukan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik daerah. Begitu pula halnya dengan kurikulum sebagai jantungnya pendidikan perlu dikembangkan dan diimplementasikan secara kontekstual untuk merespon kebutuhan daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 38 Ayat (2) mengatur bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

Pengembangan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum 2013 Revisi dengan mengacu pada Permendikbud No. 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK–MAK untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Kurikulum Edutechnopreneur Islami merupakan pengembangan dari kurikulum 2013 revisi yang telah dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Aceh dengan lebih menekankan pada Pendidikan, Teknologi, dan kewirausahaan yang bermuatan Dinul Islam sesuai unsur lokal di Provinsi Aceh dengan ciri syariat islamnya. Penyelenggaraan pendidikan di Sekolah dinyatakan berhasil, apabila kegiatan belajar mengajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya dapat diterima untuk memenuhi:

<![if !supportLists]>a.    <![endif]>Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global

<![if !supportLists]>b.    <![endif]>Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia usaha dan dunia industri.

<![if !supportLists]>c.    <![endif]>Sebagai proses untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi

Dari amanat undang-undang tersebut ditegaskan bahwa kurikulum dikembangkan secara diversifikasi dengan maksud agar memungkinkan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan kekhasan potensi yang ada di daerah tertentu serta peserta didik. Selain itu, kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan.

Dengan diberlakukannya Kurikulum Edutechnopreneur Islami dan beberapa hal berubah dan SMK Negeri 1 Meureubo perlu menyusun Dokumen 1 Kurikulum Edutechnopreneur Islami berdasarkan peraturan dalam Kurikulum 2013. Hal ini diperlukan sebagai pedoman operasional semua warga sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang akan dicapai di SMK Negeri 1 Meureubo.

<![if !supportLists]>a.         <![endif]>Kondisi Nyata

Memperhatikan kondisi riil SMK Negeri 1 Meureubo yang berada di lingkungan Kecamatan Meureubo dengan masyarakat yang heterogen, serta kondisi ekonomi masyarakat khususnya siswa/ di SMK yang tergolong ekonomi menengah ke bawah, maka pengembangan kurikulum juga harus disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Pengembangan kurikulum SMK Negeri 1 Meureubo tahun pelajaran 2019-2020 mencakup hal-hal sebagai berikut:

<![if !supportLists]>1.   <![endif]>Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam pengembangan kurikulum SMK Negeri 1 Meureubo;

<![if !supportLists]>2.   <![endif]>Beban belajar bagi peserta didik pada SMK Negeri 1 Meureubo yang didasarkan pada hasil analisis konteks, analisis keunggulan lokal serta potensi dan minat peserta didik;

<![if !supportLists]>3.   <![endif]>Kurikulum SMK Negeri 1 Meureubo dikembangkan berdasarkan hasil revisi kurikulum KTSP, pemanfaatan hasil analisis kondisi riil sekolah, terutama tenaga pendidik, sarana-prasarana, serta analisis terhadap Kurikulum 2013.

<![if !supportLists]>4.   <![endif]>Kalender pendidikan SMK Negeri 1 Meureubo disusun berdasarkan hasil perhitungan minggu efektif untuk Tahun Pelajarn 2019 - 2020.

Kurikulum SMK Negeri 1 Meureubo menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dengan mengedepankan prinsip pengembangan kurikulum dan karakteristik kurikulum 2013 dengan penyesuaian terhadap pemanfaatan analisis kondisi riil SMK Negeri 1 Meureubo dan Analisis Kondisi Lingkungan Sekolah.

<![if !supportLists]>b.        <![endif]>Kondisi Ideal

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 revisi di seluruh SMK untuk tahun pelajaran 2019-2020, termasuk SMK Negeri 1 Meureubo, dan berdasarkan hasil evaluasi terhadap dokumen kurikulum yang ada, maka SMK Negeri 1 Meureubo perlu melakukan revisi ulang terhadap dokumen tersebut, begitu juga dalam implementasinya.

<![if !supportLists]>c.    <![endif]>Potensi dan Karakteristik Satuan Pendidikan

SMK Negeri 1 Meureubo terus berusaha menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam Bidang Keahlian Agrobisnis dan Agroteknologi. Sampai saat ini SMK Negeri 1 Meureubo sudah bekerja sama dengan dunia usaha/ industri daerah di kabupaten/kota maupun provinsi. Untuk mengetahui potensi dan karakteristik SMK Negeri 1 Meureubo, dilakukan evaluasi diri dengan menggunakan analisis SWOT

<![if !supportLists]>Ø <![endif]> Analisis Kekuatan (Strength)

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Terakreditasi Minimal B

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Memiliki 2 (dua) Program keahlian yang potensial yaitu Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Agribisni Perikanan Air Tawar.

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Adanya kesadaran dan semangat yang tinggi tentang pentingnya orientasi peningkatan mutu dari warga sekolah.

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Sebagian besar tenaga pendidik sudah bersertifikasi

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Sarana komunikasi yang memadai (telepon dan internet)

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Kerjasama dengan DU/DI dalam penempatan siswa prakerin terjalin baik.

<![if !supportLists]>Ø <![endif]>Analisis Kelemahan (Weakness)

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Peralatan praktek yang memadai dan masih butuh yang ter- update

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Rendahnya kemampuan peserta didik dalam berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Belum semua pendidik memiliki kemampuan dalam berbahasa asing khususnya  Bahasa Inggris

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Kurangnya koleksi buku bacaan/cerita/non fiksi di perpustakaan.

<![if !supportLists]>Ø <![endif]>Analisis Peluang (Opportunities)

SMK Negeri 1 Meureubo berada di lokasi yang sangat strategis dan berpotensi untuk terus berkembang. Hal ini terus disikapi dengan berusaha melengkapi sarana prasarana sekolah baik sumber daya manusia maupun infrastruktur. Berikut beberapa peluang yang mendukung untuk perkembangan di masa yang akan datang:

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Dukungan dan perhatian pemerintah terutama pemerintah pusat, pemerintah propinsi dan masyarakat cukup besar

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Letak yang strategis dengan kemudahan transportasi

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Kondisi sosial ekonomi kecamatan Meureubo yang sangat kondusif

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Akses informasi yang cepat dan mudah

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Dukungan regulasi pendidikan yang tinggi.

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Peluang kerja yang semakin terbuka luas dengan adanya Agribisnis dan Agroteknologi dan Kemaritiman yang semakin berkembang, khsusnya di bidang Pengolahan Hasil Pertanian.

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tempat prakerin siswa yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

<![if !supportLists]>Ø <![endif]>AnalisisTantangan (Threat)

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Tingkat perekonomian orang tua siswa relatif rendah.

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Dana operasional pendidikan dari pemerintah masih terbatas

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Pola pikir orang tua siswa belum mampu memilih program keahlian yang dapat merebut peluang kerja dengan melihat potensi daerah yang ada.

<![if !supportLists]>·         <![endif]>Mengubah kebiasaan lama untuk mengikuti sistem Manajemen Berbasis Sekolah yang berlaku memerlukan waktu yang lama.

 

<![if !supportLists]>B.       <![endif]>LANDASAN HUKUM

Landasan hukum dalam penyusunan dokumen sekolah pada SMK Negeri 1 Meureubo adalah sebagai berikut:

<![if !supportLists]>a.    <![endif]>Undang-Undang Republik Indonesia, No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

<![if !supportLists]>b.    <![endif]>Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, No.34 Tahun 2018 tentang SNP dan SK Dirjen no 464/D.D5/KR/2018 tentang KI dan KD Mata Pelajaran SMK

<![if !supportLists]>c.    <![endif]>Perdirjen Diksmen 06/D.D5/KK Tahun 2018 tentang Spektrum SMK/MAK

<![if !supportLists]>d.    <![endif]>Perdirjen Diksmen 07/D.D5/KK Tahun 2018 tentang Struktur Kurikulum SMK/MAK

<![if !supportLists]>e.    <![endif]>Undang-undang No. 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006, No. 62, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 46633)

<![if !supportLists]>f.     <![endif]>Peraturan Pemerintah No 19/2005 Jo. 32/2013 Jo. No. 13/2015

<![if !supportLists]>g.    <![endif]>Permendikbud No. 103 Tahun 2014 dan No. 53 Tahun 2015, Permendikbud Tahun 2016, Spektrum Tahun 2017/2018.

<![if !supportLists]>h.    <![endif]>Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pokok-Pokok Syariat Islam (Lembaran Aceh Tahun 2014 Nomor 9, Tambahan Lembaran Aceh Nomor 68)

<![if !supportLists]>i.      <![endif]>Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Yang Kemudian Direvisi Dengan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Aceh Tahun 2014 Nomor 12, Tambahan Lembaran Aceh Nomor 71)

 

<![if !supportLists]>C.                <![endif]>PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Kurikulum SMK Negeri 1 Meureubo dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan, mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan penyusunan K13 yang disusun oleh BSNP.

Kurikulum SMK dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut.

<![if !supportLists]>1.     <![endif]>Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah.SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Beragam dan terpadu

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adat istiadat, serta status sosial ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.

<![if !supportLists]>3.     <![endif]>Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

 

 

<![if !supportLists]>4.     <![endif]>Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya hidup bermasyarakat, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.

<![if !supportLists]>5.     <![endif]>Menyeluruh dan berkesinambungan

Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.

<![if !supportLists]>6.     <![endif]>Belajar sepanjang hayat

Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal dan informal, dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.

<![if !supportLists]>7.    <![endif]>Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

<![if !supportLists]>D.           <![endif]>TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

Kurikulum SMK 1 Meureubo disusun agar sekolah memiliki pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu pengembangan Kurikulum SMK 1 Meureubo bertujuan untuk:

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. Peningkatan keimanan dan ketakwaan ini di SMK 1 Meureubo dilaksanakan juga program keputrian dan pendalaman agama Islam yang diisi dengan kegiatan pengajian, akhlak dan budi pekerti. Selain itu peringatan hari-hari besar keagamaan dilaksanakan dengan mengundang penceramah yang kompeten atau memanfaatkan warga sekolah juga melaksanakan qurban dan bantuan sosial terhadap warga sekitar sekolah yang kurang mampu dengan anggaran yang direncanakan di RKAS.

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum SMK 1 Meureubo disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik dengan tujuan peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diwujudkan dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler antara lain, penyusunan karya tulis, pembinaan Olimpiade Sain (OSN), Pembinaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Pembinaan Kegiatan Kepramukaan, dan Kegiatan Keagamaan.

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang Seni dan Budaya Aceh yang menjadi unggulan Kabupaten Aceh Barat. Sampai saat ini SMK 1 Meureubo bekerja sama dengan Disparbud Kabupaten.

<![if !supportLists]>4.    <![endif]>Membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di antaranya ialah program Mulok atau PBKL yang terintegrasi dalam mata pelajaran.

<![if !supportLists]>5.    <![endif]>Mengembangkan Kurikulum SMK 1 Meureubo secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.

<![if !supportLists]>6.    <![endif]>Meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah sesuai dengan kompetensi Inti yang diharapkan melalui kegiatan bakti sosial dan keagamaan.

<![if !supportLists]>7.    <![endif]>Mengembangkan potensi peserta didik agar mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar mereka mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari. Kegiatan tersebut antara lain, TIK, karya tulis, dan simposium khusus peserta didik.

<![if !supportLists]>8.    <![endif]>Menerapkan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentintik dengan mancakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

<![if !supportLists]>9.    <![endif]>Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti.

<![if !supportLists]>10.   <![endif]>Mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain melalui kegiatan Paskibra.

<![if !supportLists]>11.   <![endif]>Mendorong dan membimbing peserta didik agar mau memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat, serta mampu menunjang kelestarian keragaman budaya melalui pembiasaan yang baik di sekolah.

Mengarahkan peserta didik kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender, antara lain melalui kegiatan bakti sosial, debat, atau diskusi.

 

 

 

 

 


 

BAB II

VISI MISI SATUAN PENDIDIKAN

 

<![if !supportLists]>A.  <![endif]>TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

Tujuan Satuan Pendidikan dirumuskan dalam 2 yaitu:

<![if !supportLists]>1.             <![endif]>Tujuan Umum:

<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Mempersiapkan tamatan yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten sesuai program keahlian pilihannya

<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Membekali peserta didik untuk berkarir, mandiri yang mampu beradaptasi dilingkungan kerja sesuai bidangnya dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di masyarakat.

<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Membekali karakter peserta didik sesuai dengan Islami untuk mengembangkan diri dan mampu berkompetisi dalam bidang keahliannya sendiri.

 

<![if !supportLists]>2.         <![endif]>Tujuan Khusus:

<![if !supportLists]>a.    <![endif]>Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;

<![if !supportLists]>b.    <![endif]> Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;

<![if !supportLists]>c.    <![endif]> Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;

 

<![if !supportLists]>B.       <![endif]>VISI SATUAN PENDIDIKAN

Untuk mencapai tujuan pendidikan SMK Negeri 1 Meureubo merumuskan visi sebagai berikut:

Menjadi SMK bertaraf internasional yang unggul, cerdas, bermartabat, dan cinta lingkungan.

 

<![if !supportLists]>C.      <![endif]>MISI SATUAN PENDIDIKAN

Misi SMK Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat adalah:

  1. Mewujudkan tamatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas, dan memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mengembangkan institusi dengan menerapkan sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dengan suplemen ISO 9004: 2009 ISO 14001:2005 dan ISO 16000-6:2011 secara konsisten.
  3. Mengembangkan kurikulum nasional bersama pengguna tamatan serta memvalidasi sesuai tuntutan pasar kerja dan perkembangan IPTEK.
  4. Melaksanakan diklat dengan pendekatan Competency Based Training dan Production Based Training untuk memberi peluang tamatan berwirausaha atau bekerja di industri.
  5. Menjalin kerjasama dengan DUDI, Perguruan Tinggi, Instansi terkait untuk mewujudkan pengembangan pendidik, tenaga kependidikan, kurikulum implementasi, prakerin, dan pemasaran tamatan.
  6. Mengembangkan sarana prasarana yang memadai untk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas, ramah lingkungan, serta mengendalikan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

<![if !supportLists]>D.                                               <![endif]>TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

Tujuan Satuan Pendidikan SMK Negeri 1 Meureubo adalah:

<![if !supportLists]>a.      <![endif]>Msnyiapkan siswa untuk menjadi insan berakhlak mulia, taat menjalankan ajaran agamanya.

<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Menyiapkan lembaga pendidikan yang transparan sebagai lembaga publik yang akuntabel.

<![if !supportLists]>c.      <![endif]>Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional;

<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Menyiapkan para siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri;

<![if !supportLists]>e.      <![endif]>Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini serta masa yang akan datang;

<![if !supportLists]>f.       <![endif]>Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negera yang produktif, adaptif dan kreatif.

<![if !supportLists]>a.    <![endif]>Tujuan Kompetensi Keahlian Agrbisnis Pengolahan Hasil Pertanian:

<![if !supportLists]>1.        <![endif]>Membekali peserta didik dengan budaya jujur, terbuka, dan mandiri agar dapat menjadi manusia produktif yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.

<![if !supportLists]>2.        <![endif]>Mendidik dan membimbing siswa/siswi SMK dalam Wilayah Kecamatan Meureubo dan sekitarnya agar terampil, berkemampuan serta memiliki pengetahuan dalam bidang Agribisnis dan Agroteknologi dan Kemaritiman sesuai dengan kurikulum Dinul Islam Aceh.

<![if !supportLists]>3.        <![endif]>Membekali peserta didik dengan kompetensi yang aktual dibutuhkan di dunia usaha /industri, sehingga mampu berkarir, berkompetisi, beradaptasi, serta mampu mengembangkan sikap profesional di bidangnya,

<![if !supportLists]>4.        <![endif]>Membekali peserta didik dengan kecakapan belajar sehingga mampu mengembangkan diri di kemudian hari secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

<![if !supportLists]>5.        <![endif]>Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.

<![if !supportLists]>6.        <![endif]>Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap yang berbudaya lingkungan hidup.

<![if !supportLists]>b.    <![endif]>Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi:

Tujuan Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran adalah membekali peserta didik sejumlah keterampilan, pengetahuan dan sikap PPK sesuai dengan kurikulum edutecnopreneur islami aceh agar kompeten dalam bidang keahlian:

<![if !supportLists]>a)      <![endif]>Membekali peserta didik mampu berkompetisi sesuai dengan kompetensi keahlian yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>b)    <![endif]>Siswa tidak hanya dihadapkan pada teori secara terus menerus

<![if !supportLists]>c)    <![endif]>Mutu Pendidikan dapat dipacu

<![if !supportLists]>d)    <![endif]>Meningkatkan Kegiatan praktik siswa meningkat

<![if !supportLists]>e)    <![endif]>Memiliki jiwa tecnopreneur yang mampu bekerja dengan mandiri

Sesuai dengan ajaran agama islam.


 

BAB III

DESKRIPSI KOMPETENSI, STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 

A. SKL KOMPETENSI KEAHLIAN SMK NEGERI 1 MEUREUBO

<![if !supportLists]>a.    <![endif]>Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki pemahaman, penghayatan dan kesadaran dalam mengamalkan ajaran Agama Islam

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki pemahaman, penghayatan dan kesadaran dalam berprilaku yang menggambarkan akhlakul karimah

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Memiliki pemahaman, penghayatan dan kesadaran dalam nilai kasih dan sayang

<![if !supportLists]>b.    <![endif]>Kebangsaan dan cinta tanah air

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Meyakini pancasila sebagai dasar negara kesatuan republik indonesia

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kesadaran sejarah, rasa, cinta, rasa bangga, dan semangat berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demokratis dan warga masyarakat global

<![if !supportLists]>4.    <![endif]>Berkerjasa dalam keberagaman suku, aga, ras, antar golongan, jender, dan berbahasa dengan menjunjung hal azasi dan martabak manusia

<![if !supportLists]>5.    <![endif]>Memiliki pemahaman, kebiasaan, penghayatan dan kesadaran untuk patuh terhadap hokum dan norma sosial

<![if !supportLists]>6.    <![endif]>Memiliki kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam, kepedulian social dalam konteks pembanguanan berkelanjutan.

<![if !supportLists]>c.    <![endif]>Karakter, kepribadian dan sosial

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki kebiasaan, memahami dan kesadaran bersikap dan berprilaku jujur

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kemandirian dan bertanggung jawab melaksanakan tugas pekerjaannya

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Memiliki kemampuan berinteraksi dan bekerja dalam kelompok secara santun, efektif dan produktif dalam melaksanakan tugas pekerjaannya

<![if !supportLists]>4.    <![endif]>Memiliki kemampuan menyusuaikan diri dengan situasi dan lingkungan kerja secara efektif

<![if !supportLists]>5.    <![endif]>Memiliki rasa ingin tau mengembangkan keahliannya secara berkelanjutan

<![if !supportLists]>6.    <![endif]>Memiliki etos kerj ayang baik dalam melaksanakan tugas keahliannya

<![if !supportLists]>d.    <![endif]>Kesehatan jasmani dan rohani

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki pemahaman dan kesadaran berprilaku hidup bersih dan sehat untuk diri dan lingkungan kerja

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kebugaran dan ketahanan jasmani dan rohani dalam menjalankan tugas keahliannya

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Menyadari potensi dirinya, tangguh mengatasi tekanan pekerjaan, dapat bekerja produktif dan bermanfaat bagi lingkugan kerja

<![if !supportLists]>e.    <![endif]>Literasi

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik untuk melaksanakan pekerjaan sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kemampuan menggunakan bahasa inggris, bahasa arab dan bahasa asing lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Memiliki pemahaman matematika dalam melaksanakan tugas sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>4.    <![endif]>Memiliki pemahaman konsep dan prinsip sains dalam melaksanakan tugas sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>5.    <![endif]>Memiliki pemahaman konsep dan prinsip pengetahuan dalam melaksanakan tugas sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>6.    <![endif]>Memiliki kemampuan mengunakan teknologi dalam melaksanakan tugas sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>7.    <![endif]>Memiliki kemampuan mengekspresikan dan menciptakan karya seni budaya lokal dan nasional

<![if !supportLists]>f.     <![endif]>Kreatifitas

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki kemampuan mencari dan menghasilkan gagasan, cara kerja, layanan dan produk karya inovasi sesuai keahliannya

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kemampuan bekerjasama menyelesaikan maslah dalam melaksanakan tugas sesuai keahliannya secara kreatif

<![if !supportLists]>g.    <![endif]>Estetika

<![if !supportLists]>·      <![endif]>Memiliki kemampuannya mengapresiasi, mengkritisi dan menerapkan aspek estetika dalam melaksanakan layanan dan/atau produk sesuai keahliannya secara islami

<![if !supportLists]>h.    <![endif]>Kemampuan teknis

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki kemampuan dasar dalam bidang keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kemampuan dasar dalam bidang keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan menerapkan kemampuannya sesuai prosedur/kaidah dibawah pengawasan

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Memiki pengalaman dalam menerapkan keahlian spesifik yang relevan dengan dunia kerja

<![if !supportLists]>4.    <![endif]>Memiliki kemampuan menjalankan tugas keahliannya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan lingkungannya

<![if !supportLists]>i.      <![endif]>Kewirausahaan

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang usaha dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentu

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Memiliki kemampuan menghitung dan mengambil resiko dalam mengembangkan dan mengelola usaha yang bersifat syariah.

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Memiliki keinginan kuat dan kemampuan mengelola usaha dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentu.

 

<![if !supportLists]>B.                 <![endif]>DESKRIPSI KKNI LEVEL 2 DAN LEVEL 3

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek Pengetahuan (knowledge), Keterampilan dan/atau Keahlian (skills) serta Sikap kerja (attitude) yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Skema Serifikasi SKKNI Level II di SMK Negeri 1 Meureubo terdiri dari:

 

<![if !supportLists]>a)    <![endif]>Skema Sertifikasi KKNI Level II pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Skema sertifikasi KKNI level II pada kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian belum diterbitkan yang ada hanya skema sertifikasi KKNI level II pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan.

 

 

 

<![if !supportLists]>b)   <![endif]>Skema Sertifikasi KKNI Level II Pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Air Tawar

Skema sertifikasi KKNI level II pada kompetensi keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar merupakan skema sertifikasi yang dikembangkan oleh komite skema sertifikasi BNSP bersama Direktorat Pembinaan SMK. Kemasan kompetensi yang digunakan mengacu pada SKKNI yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2010 Tentang SKKNI Sektor Perikanan Sub Sektor Budidaya Biota Air Tawar dan Air Payau Bidang Budidaya Biota Air Tawar Sub Bidang Budidaya Ikan Cat Fish dan Standar Kompetensi Nasional Tahun 2003 Bidang Budidaya Ikan Air Tawar. Skema sertifikasi ini digunakan sebagai acuan pada pelaksanaan asesmen oleh asesor kompetensi LSP SMK dan untuk memastikan kompetensi yang dimiliki siswa SMK kompetensi keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar.

 

<![if !supportLists]>C.      <![endif]>DESKRIPSI KOMPETENSI PMK 3 TAHUN DAN/4 TAHUN

Deskripsi Kompetensi Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) (3 Atau 4 Tahun) (Berdasarkan Permendikbud No 34 Tahun 2018, Lampiran SK/KD dan Draft Pergub Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi Dan Kewirausahaan (Edutechnoprenuer) Islami Pada Sekolah Menengah Kejuruan Aceh.

Kompetensi Mata Pelajaran

<![if !supportLists]>A.  <![endif]>Muatan Nasional

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai

bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1 Membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama, Sesuai dengan Q.S.An-Naziat (79):40-41

2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an- nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah QS al-Anfal (8):72, QS al- Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis terkait

1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama, Sesuai dengan Q.S.An-Nisa. (4):24 dan 25

2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait

1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir, Sesuai dengan Q.S.Al-A’raf (7) :180

2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al- Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir

1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah swt, Sesuai dengan Q.S.Al-Baqarah (2) :30.

2.4 Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat- malaikat Allah swt

1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam, Sesuai dengan Q.S.Al-A’raf (7):.26

2.5 Menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam

1.6 Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama, Sesuai dengan Q.S.Ali Imran (3):113

2.6 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari- hari

1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul- Nya, Sesuai dengan Q.S.Al-Kahfi (18):65

2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman QS at-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait

1.8 Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam, Sesuai dengan Q.S.Al-Baqarah. (2):2

2.8 Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

1.9 Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan bagi individu dan masyarakat, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3) :97

2.9 Menunjukkan kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf

1.10 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah, Sesuai dengan Q.S.shad (38) :86

2.10 Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah

1.11 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah, Sesuai dengan Q.S.Al-Anfal (8) :20

2.11 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah

1.12 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama, Sesuai dengan Q.S.Fatir (35):32

2.12 Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS al Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59; dan QS at-Taubah (9): 105 serta Hadis yang terkait

1.13 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, Sesuai dengan Q.S.yunus(10):40

2.13 Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis terkait

1.14 Meyakini adanya kitab- kitab suci Allah swt, Sesuai dengan Q.S.An-Nisa’.131

2.14 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah swt

1.15 Meyakini adanya rasul- rasul Allah swt, Sesuai dengan Q.S. Yunus. 13.39.47.74

2.15 Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah swt

1.16 Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran, Sesuai dengan Q.S.At-Taubah (9) :40

2.16 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran

1.17 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama, Sesuai dengan Q.S.Al-Fatir (35) :28

2.17 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait

1.18 Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam, Sesuai dengan Q.S.Al-Maidah (5) : 31

2.18 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama dalam penyelenggaraan perawatan jenazah di masyarakat

1.19 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat, sesuai dengan syariat Islam Q.S.Shad (38) :86

2.19 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah

1.20 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam, Sesuai dengan Q.S.AlBaqarah (2) :275

2.20 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam

1.21 Mengakui bahwa nilai- nilai Islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan, Sesuai dengan Q.S.Al-munafiqun (63) :8

2.21 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai- nilai perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

1.22 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran Islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern, Sesuai dengan Q.S.Hud (11):112

2.22 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai- nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern

1.23 Terbiasa membaca al- Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis, Sesuai dengan Q.S.Al-A’raf (7):54

2.23 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran (3): 190- 191 dan 159, serta Hadis terkait

1.24 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia, Sesuai dengan Q.S.An-Nisa’ (4):36

2.24 Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah QS Luqman (31): 13-14 dan QS al- Baqarah (2): 83, serta Hadis terkait

1.25 Meyakini terjadinya hari akhir, Sesuai dengan Q.S.Hud (11).3

2.25 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir

1.26 Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt, Sesuai dengan Q.S.Ar-Ra’d (13):11

2.26 Bersikap optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah swt

1.27 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, Sesuai dengan Q.S.At-Taubah (9):105

2.27 Berperilaku kerja keras, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

1.28 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam,Sesuai dengan Q.S.Al Baqarah(2).221

2.28 Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam

1.29 Meyakini kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam, Sesuai dengan Q.S.An-Nisa’ (4).11-12

2.29 Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam

1.30 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah berdasarkan syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia, Sesuai dengan Q.S.Fushilat (41):33

2.30 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan mengembangkan ajaran Islam

1.31 Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia, Sesuai dengan Q.S.An-Nahl (16):125

2.31 Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari- hari

1.32 Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil- ‘alamin yang dapat memajukan peradaban dunia, Sesuai dengan Q.S.Al-Anbiya’(21):107

2.32 Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatanlil-alamin sebagai pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang

1.33 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di dunia, sebagai bukti penyimpangan dari ajaran Islam yang benar, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):19

2.33 Mewaspadai secara bijaksana terhadap penyimpangan ajaran Islam yang berkembang di masyarakat

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menganalisis QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah), Sesuai dengan Q.S.An-Naziat (79):40-41

<![if !supportLists]>4.1.1               <![endif]>Membaca QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

<![if !supportLists]>4.1.2              <![endif]>Mendemonstrasikan

hafalan QS al-Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar

<![if !supportLists]>4.1.3              <![endif]>Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan QS al- Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis terkait

3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina, Sesuai dengan Q.S.An-Nur (24) :6

<![if !supportLists]>4.2.1        <![endif]>Membaca QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

<![if !supportLists]>4.2.2       <![endif]>Mendemonstrasikan hafalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar

<![if !supportLists]>4.2.3       <![endif]>Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2

3.3 Menganalisis makna al- Asma’u al-Husna: al- Karim, al-Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir, Sesuai dengan Q.S.An-Nisa’ (4):48

4.3 Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al-Jami’, al- ‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

3.4 Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt. Sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah (2):30

4.4 Mempresentasikan

hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam, Sesuai dengan Q.S. Al-A’raf (7):.26

4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam

3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, Sesuai dengan Q.S Ali Imran (3):113

4.6 Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama, Sesuai dengan Q.S.At-Tahrim (66):6

4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah QS at- Taubah (9): 122 dan Hadis

3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam, Sesuai dengan Q.S.Al-Hasyr (59):7

4.8 Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):92

4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf

3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):110

4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

3.11 Menganalisis strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah, Sesuai dengan Q.S.Yasiin (36):9

4.11 Mempresentasikan dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

3.12 Menganalisis makna QS al-Maidah (5): 48; QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, Sesuai dengan Q.S.An-Nahl (16):44

<![if !supportLists]>4.12.1         <![endif]>Membaca QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf

<![if !supportLists]>4.12.2        <![endif]>Mendemonstrasikan hafalan QS al-Maidah (5): 48; QS an- Nisa (4): 59, dan QS at- Taubah (9): 105 dengan fasih dan lancar

<![if !supportLists]>4.12.3        <![endif]>Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS al- Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105

3.13 Menganalisis makna QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, Sesuai dengan Q.S.Hud (11):35

<![if !supportLists]>4.13.1       <![endif]>Membaca QS Yunus (10): 40- 41 dan QS al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

<![if !supportLists]>4.13.2      <![endif]>Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar

<![if !supportLists]>4.13.3      <![endif]>Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan QS Yunus (10): 40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan QS Al-Maidah (5): 32

3.14 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah swt, Sesuai dengan Q.S.Al-Maidah (5):48

4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan perilaku sehari- hari

3.15 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah swt, Sesuai dengan Q.S.Saba’(34):28

4.15 Menyajikan hubungan antara iman kepada rasul- rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah

3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran, Sesuai dengan Q.S.At-Taubah (9):40

4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

3.17 Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, Sesuai dengan Q.S.Al-Fatir (35):28

4.17 Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait

3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):185

4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah

3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah, Sesuai dengan Q.S.Al-An’am (6):159

4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah

3.20 Menganalisis prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam, Sesuai dengan Q.S.Al-Qasas (28):77

4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

3.21 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah), Sesuai dengan Q.S.Al-Hadid (57):22

4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor- faktor yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)

3.22 Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang), Sesuai dengan Q.S.Al-Anbiya’ (21):107

<![if !supportLists]>4.22.1        <![endif]>Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)

<![if !supportLists]>4.22.2       <![endif]>Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern

3.23 Mengevaluasi makna QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):159

<![if !supportLists]>4.23.1        <![endif]>Membaca QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf

<![if !supportLists]>4.23.2      <![endif]>Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, dengan lancar

<![if !supportLists]>4.23.3      <![endif]>Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-191

<![if !supportLists]>4.23.4      <![endif]>Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan QS Ali Imran (3): 159

3.24 Mengevaluasi makna QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia, Sesuai dengan Q.S.Al-An-Am (6):82

<![if !supportLists]>4.24.1        <![endif]>Membaca QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

<![if !supportLists]>4.24.2      <![endif]>Mendemonstrasikan hafalan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 dengan lancar

<![if !supportLists]>4.24.3       <![endif]>Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan QS Luqman (31): 13- 14 dan QS al-Baqarah (2): 83

3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir, Sesuai dengan Q.S.Al-Hajj (22):7

4.25 Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sebagai perwujudan iman kepada hari akhir

3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar, Sesuai dengan Q.S.Al-Furqan (25):2

4.26 Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan iman kepada qadha dan qadar Allah swt.

3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat, Sesuai dengan Q.S. At-Taubah (9):105

4.27 Menyajikan perilaku bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari- hari yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan

3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam, Sesuai dengan Q.S.An-Nisa’ (4):3

4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam

3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam, Sesuai dengan Q.S.An-Naml (27):16

4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan

3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):110

4.30 Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia, Sesuai dengan Q.S. .An-Nahl (16):125

4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia

3.32 Mengevaluasi faktor- faktor kemajuan peradaban Islam di dunia, Sesuai dengan Q.S. Al-Anbiya’ (21):107

4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia

3.33 Mengevaluasi faktor- faktor kemunduran peradaban Islam di dunia, Sesuai dengan Q.S.Ali-Imran (3):19

4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia


 

Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian Program Keahlian : Semua Program Keahlian Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan (A)


Jam pelajaran : 212 JP (@ 45 Menit)

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

 

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

<![if !supportLists]>1.1           <![endif]>Menghayati hakikat bangsa dan Negara sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Q.S At-Taubah/9:59

Q.S Al-Baqarah/2:64

Q.S Ghafir/40:61

Q.S Ali-Imran/3:152

2.1 Responsif terhadap hakikat bangsa dan Negara

Q.S Ali-Imran/3:103

Q.S An-Nisa /4 : 86

Q.S Al-Hujarat/49:10-13

<![if !supportLists]>1.2           <![endif]>Mensyukuri fungsi dan peran Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia

Q.S Al-An’am/6:63-64

Q.S An-Nisa/4:147

Q.S An-Nahl/16:14

2.2 Proaktif melaksanakan fungsi dan peran Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia

Q.S As-Shaffat / 61 : 22-23

Q.S Al-Mudatstsir/74 : 38

1.3 Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S Al-Baqarah/2:163

Q.S Al-Hujarat/49:11-13

163. Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Q.S An-Nahl/16:51

Q.S Al-An’am/6:19

Q.S Al-Ahzab/33:43

Q.S Al-Baqarah/2:126

Q.S Ibrahim/14:34

2.3 Menunjukkan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Ali imran/3:103

Q.S An-nisa/4:86

1.4 Mengamalkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S An-Nisa/4 : 59

Q.S At-Taubah/9:122

Q.S Al-Qashas/28:85

2.4 Peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

Q.S An-Nisa/4:66

Q.S Al-Anfal/8:15-16

Q.S Al-Hujarat/49:13

1.5 Menghayati sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S As-Syura/42:38

Q.S An_nisa/4:58-59

 

2.5 Responsif terhadap sistem politik Indonesia

Q.S Ali Imran/3:159

Q.S Al-Maidah/5:54

1.6 Menghayati nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S At-Tahrim/66:6

Q.S Shad/38:21

Q.S Al-Anfal/8:1

2.6 Peduli terhadap fungsi dan kewenangan lembaga- lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Al-Hujarat/49:10-13

Q.S An-Nisa/4:128

Q.S Al-Anfal/8:1

1.7 Melaksanakan budaya politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S Ali Imran/3:159

Q.S An-Nisa/4:19

Q.S Al-Hujarat/49:13

 

2.7 Peduli terhadap budaya politik Indonesia

Q.S Ali Imran/3:159

Q.S An-Nisa/4:19

Q.S Al-Hujarat/49:13

1.8 Menghayati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Q.S Al-Hujarat/49:10

Q.S Al-Maidah/5:2

Q.S An-Nur/32:32

Q.S An-nisa /4 :86

2.8 Peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat

Q.S An-nisa /4 :86

Q.S Al-Hujarat/49:10

Q.S Al-Maidah/5:2

Q.S An-Nur/32:32

1.9 Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa

Q.S Al-Hujarat/49:13

Q.S Al-An’am/6:153,159

Q.S Hud/11:118-119

2.9 Menunjukkan sikap kerja sama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S At-Taubah/9:105

Q.S Ali Imran/3:159

Q.S Al-Maidah/5:2

 

1.10 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai- nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-Baqarah/2:152 dan 172

Q.S Luqman/31:12 & 14

2.10 Responsif terhadap ancaman negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-anfal/8:27

Q.S Al–Ahzab/33:72

Q.S An-Nisa/4:145

 

 


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.11 Menghayati wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Q.S Ali Imran/3:103

Q.S Al-An’am/6:153

2.11 Bertanggung-jawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S An-nisa/4:59 dan 58

Q.S Al-Baqarah/2: 247

 

1.12 Menghayati hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa

Q.S Al-Baqarah/2:36

 

 

2.12 Peduli terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Al-maidah/5:57

Q.S At-Taubah/9:71

 

1.13 Mensyukuri sistem pemerintahan di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Q.S Al-Mujadalah/58:22

2.13 Proaktif terhadap sistem pemerintahan di Indonesia

Q.S Ali-Imran/3:159

1.14 Mengamalkan nilai-nilai ke- Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Al-An’am/6:57

Q.S Al-Maidah/5:44

 

2.14 Peduli dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S At-Tin/95:8

1.15 Mengahayati nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S Al-Maidah/5:50

Q.S Al-Kahfi/18:26

2.15 Disiplin terhadap aturan sistem hukum dan peradilan sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S Al-Maidah/5:48

1.16 Mengamalkan nilai-nilai dalam sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa

Q.S Hud/11:47

Q.S Ghafir/40:27

Q.S Ali Imran/3:36

2.16 Proaktif terhadap sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

Q.S Yusuf/12:23 dan 79

Q.S Al-Baqarah/2:67

Q.S Ad-Dukhan/44:20

 

1.17 Menghayati nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan Internasional sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Q.S An-Nisa/4:135

Q.S Almaidah/5:8

Q.S An-Nahl/16:90

2.17 Disiplin terhadap aturan sistem hukum dan peradilan Internasional

Q.S An-nisa/4:58

Q.S Al-‘Ashr/103:1-3

Q.S An-Nisa/4:59

1.18 Mensyukuri peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Q.S An-Nisa/4:35,128dan 114

Q.S Al-Hujarat/49:9 dan 10

Q.S Ai-Anfal/8:1

 

2.18 Toleran dan cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Q.S Yunus /10:40-41

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S Al-Kafirun/109:6

1.19 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-Hasyar/59:18

Q.S Al-Ankabut/29:2-3

Q.S Al-Mu’minun/23:115

2.19 Responsif terhadap ancaman negara dan strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-Anfal/8:15-16

Q.S Al-Hujarat/49:13

Q.S Al-Anbiya/21:92

1.20 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Maidah/5:2

Q.S Al-Hasyr/59:14

Q.S Ali Imran/3:103

 

2.20 Proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Anfal/8:62-63

Q.S Ali Imran/3:105

Q.S Al-Maidah/5:2

1.21 Menghayati perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Asy-Syura/42:183

Q.S Al-A’raf /7:33

Q.S An-Nisa/4:29

2.21 Proaktif menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Al-Ahqaf/46:13-14

Q.S An-Nahl/16:90

Q.S Al-Hasyr/59:23


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.22 Mengamalkan perilaku orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

Q.S Al-Zalzalah/99:7-8

Q.S An-Nisa/4:58-59

Q.S al-Mu’minun/23:8

2.22 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat

Q.S Al-Anfal/8:27

Q.S At-Taubah/9:119

Q.S Al-Ahzab/33:70

1.23 Melaksanakan pemerintahan sesuai karakteristik good governance dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa

Q.S As-Saff/61:2-3

Q.S al-Ahzab/33:23

2.23 Berperilaku jujur dalam pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance

Q.S Al-Ahzab/33:70-71

Q.S An-Nahl/16:91

1.24 Menghayati kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhanan Yang Maha Esa

Q.S Ar-Rahman/55:33

Q.S Al-Mujadalah/58:11

2.24 Bertanggung-jawab dalam menyikapi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S An-Nahl/16:125

Q.S Al-Isra/17:85

1.25 Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian

Q.S Al-Anbiya/21:80

Q.S Al-Hadid/57:25

2.25 Proaktif dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Qashas/28:77

Q.S Ali Imran/3:103

1.26 Menghayati peranan pers di Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa

Q.S Al-Hajj/22:30

Q.S An-Nahl/16:125

2.26 Bertanggung-jawab dalam menyikapi peranan pers di Indonesia

Q.S Al-Hujarat/49:6 & 11

Q.S An-Nur/24:19

Q.S Asy-syura/:48

Q.S Yasin/:17

1.27 Mengamalkan etos kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa

Q.S Al-Jum’ah/62:9-11

Q.S At-Taubah/9:105

2.27 Peduli terhadap etos kerja masyarakat Indonesia

Q.S Al-Qashas/28:77

Q.S Yasin/32:35


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menganalisis hakikat bangsa dan Negara

Q.S Az-Zariyat/51:56

Q.S Al-Hujarat/49:10

Q.S Al-Isra/17: 26-27

Q.S An-Nisa/4:6

4.1 Menyaji hasil analisis hakikat bangsa dan negara

Q.S Az-Zariyat/51:56

Q.S Al-Hujarat/49:10

Q.S Al-Isra/17: 26-27

Q.S An-Nisa/4:6

3.2 Menganalisis fungsi dan peran Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia

Q.S Al-Maidah/5 : 3

Q.S Az-Zariyat/51:56

Q.S Ali Imran/3 : 190-191

4.2 Menyaji hasil analisis fungsi dan peran Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia

Q.S Al-Maidah/5 : 3

Q.S Az-Zariyat/51:56

Q.S Ali Imran/3 : 190-191

3.3 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Q.S Al-ikhlas/112:1-4

Q.S Al-BAqarah/2:163

Q.S Al-Maidah/5: 2

4.3 Menyaji hasil analisis nilai- nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Q.S Al-ikhlas/112:1-4

Q.S Al-BAqarah/2:16

Q.S Al-Maidah/5: 2

3.4 Menganalisis ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

Q.S Ar-Rum/30:41-42

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S Al-A’raf/7:56-58

Q.S Al-Baqarah/2:58

4.4 Menyaji hasil analisis tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan

Q.S Ar-Rum/30:41-42

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S Al-A’raf/7:56-58

Q.S Al-Baqarah/2:58

3.5 Menganalisis sistem politik di Indonesia

Q.S Ali Imran/3:159

Q.S Asy-Syura/42:38

Q.S Al-Baqarah/2:83

4.5 Menyaji hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia

Q.S Ali Imran/3:159

Q.S Asy-Syura/42:38

Q.S Al-Baqarah/2:83

3.6 Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S At-Tahrim/66:6

Q.S Al-Maidah/5:8 dan 42

Q.S An-Nisa/4:58 dan 135

Q.S Al-A’raf/7:181

Q.S An-Nahl/16:76

 

4.6 Menyaji hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S At-Tahrim/66:6

Q.S Al-Maidah/5:8 dan 42

Q.S An-Nisa/4:58 dan 135

Q.S Al-A’raf/7:181

Q.S An-Nahl/16:76

 

3.7 Menganalisis budaya politik di Indonesia

Q.S Al-Hujarat/49: 10 dan 13

Q.S Al-Maidah/5: 2 dan 32

Q.S Al-Anfal/8: 61

Q.S At-Taubah/9:32

4.7 Menyaji hasil analisis tentang budaya politik di Indonesia

Q.S Al-Hujarat/49: 10 dan 13

Q.S Al-Maidah/5: 2 dan 32

Q.S Al-Anfal/8: 61

Q.S At-Taubah/9:32

3.8 Menganalisis hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Al-Maidah/5: 2

Q.S Ali Imran/3: 103

Q.S Al-An’am/6: 153

Q.S An-Nisa/4:59

4.8 Menyaji hasil analisis tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Al-Maidah/5: 2

Q.S Ali Imran/3: 103

Q.S Al-An’am/6: 153

Q.S An-Nisa/4:59

3.9 Menganalisis faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-Kafirun/109:6

Q.S Yunus/10:40-41

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S Al-Hujarat/49:13

4.9 enyaji hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-Kafirun/109:6

Q.S Yunus/10:40-41

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S Al-Hujarat/49:13

3.10 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi,

sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Al-Hujarat/49:10-13

Q.S Ali Imran/3:103, 104 & 159

Q.S Al-Baqarah/2:273

Q.S An-Nisa/4:86

Q.S Al-Qashas/28:85

4.10 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik,

ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika

Q.S Al-Hujarat/49:10-13

Q.S Ali Imran/3:103, 104 & 159

Q.S Al-Baqarah/2:273

Q.S An-Nisa/4:86

Q.S Al-Qashas/28:85

3.11 Menelaah pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Hujarat/49:13

Q.S Al-Ahzab/33:70

Q.S Al-Maidah/5:2

4.11 Mempresentasikan hasil telaah terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Hujarat/49:13

Q.S Al-Ahzab/33:70

Q.S Al-Maidah/5:2

3.12 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S Al-Kafirun/109:6

Q.S Ar-Rum/30:20

4.12 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S Al-Kafirun/109:6

Q.S Ar-Rum/30:20


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.13 Menganalisis sistem pemerintahan di Indonesia

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S An-Nur/24:55

Q.S An-Nisa/4:58

4.13 Menyaji hasil analisis tentang sistem pemerintahan di Indonesia

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S An-Nur/24:55

Q.S An-Nisa/4:58

3.14 Menganalisis sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Ali-Imran/3:159

Q.S Asy-Syura/26:38

Q.S An-Nisa/4:58,59 , 83

4.14 Menyaji hasil analisis tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Ali-Imran/3:159

Q.S Asy-Syura/26:38

Q.S An-Nisa/4:58,59 , 83

3.15 Menganalis sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S At-Jaatsiyah/45:18

Q.S Ar-Rad/13:28

Q.S Al-Ankabut/29:45

4.15 Menyaji hasil analisis tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S At-Jaatsiyah/45:18

Q.S Ar-Rad/13:28

Q.S Al-Ankabut/29:45

3.16 Menganalisis sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

Q.S Al-‘Araf/7:31

Q.S Al-mukminun/23:33

Q.S Ar-Rahman/55:3-4

4.16 Menyaji hasil analisis tentang sistem perlindungan tenaga kerja di Indonesia

Q.S Al-‘Araf/7:31

Q.S Al-mukminun/23:33

Q.S Ar-Rahman/55:3-4

3.17 Menganalisis system hukum dan peradilan internasional

Q.S An-Nisa/4:58

Q.S An-Nahl/16:90

Q.S An-Nisa/4:135

4.17 Menyaji hasil analisis tentang system hukum dan peradilan internasional

Q.S An-Nisa/4:58

Q.S An-Nahl/16:90

Q.S An-Nisa/4:135

3.18 Mengevaluasi dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Yunus/10:62-63

Q.S Furqan/25:20

Q.S Hud/11:118

4.18 4.18 Menyaji hasil evaluasi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Q.S Yunus/10:62-63

Q.S Furqan/25:20

Q.S Hud/11:118

3.19 Menganalisis kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S Al-Baqarah/2:208

Q.S Al-Maidah/5:44,45,47

4.19 Melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika

Q.S An-Nisa/4:59

Q.S Al-Baqarah/2:208

Q.S Al-Maidah/5:44,45,47

3.20 Menganalisis faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Maidah/5:2

Q.S Yunus/10:40-41

Q.S Ali-Imran/3:159

4.20 Menyaji hasil analisis tentang faktor- faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-Maidah/5:2

Q.S Yunus/10:40-41

Q.S Ali-Imran/3:159

3.21 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Ar-Rum/30:20

Q.S Al-Fatir/35:39

Q.S Hud/11:61

4.21 Menyaji hasil analisis tentang nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Q.S Ar-Rum/30:20

Q.S Al-Fatir/35:39

Q.S Hud/11:61

3.22 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

Q.S Al-Anfal/8:61

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S At-Taubah/9:32

4.22 Mendemonstrasikan praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian

Q.S Al-Anfal/8:61

Q.S Al-Maidah/5:32

Q.S At-Taubah/9:32

3.23 Menganalisis pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance

Q.S Al-Hujarat/49:10

Q.S An-Nahl/16:14,25,90

Q.S An-Naml/27:18

4.23 Menyaji hasil analisis tentang pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance

Q.S Al-Hujarat/49:10

Q.S An-Nahl/16:14,25,90

Q.S An-Naml/27:18


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.24 Menganalisis pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Ar-Rahman/55:33

Q.S Al-Jatsiyah/45:13

Q.S An-Nahl/16:5

4.24 Menyaji hasil analisis tentang pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Q.S Ar-Rahman/55:33

Q.S Al-Jatsiyah/45:13

Q.S An-Nahl/16:5

3.25 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-An’am/6:82

Q.S Al-Baqarah/2:126

Q.S Quraisy/106:3-4

4.25 Menyaji hasil evaluasi tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Q.S Al-An’am/6:82

Q.S Al-Baqarah/2:126

Q.S Quraisy/106:3-4

3.26 Mengevaluasi peranan pers di Indonesia

Q.S At-Taubah/9:119

Q.S Al-Ahzab/33:70-71

Q.S As-Saff/61:2-3

 

4.26 Menyaji hasil evaluasi tentang peranan pers di Indonesia

Q.S At-Taubah/9:119

Q.S Al-Ahzab/33:70-71

Q.S As-Saff/61:2-3

 

3.27 Mengevaluasi etos kerja masyarakat Indonesia

Q.S Al-Qashas/28:77

Q.S Al-Jumu’ah/62:9-11

Q.S At-Taubah/9:105

4.27 Menyaji hasil evaluasi tentang etos kerja masyarakat Indonesia

Q.S Al-Qashas/28:77

Q.S Al-Jumu’ah/62:9-11

Q.S At-Taubah/9:105

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KI DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS X

Kompetensi Inti :

<![if !supportLists]>1.    <![endif]>Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;

<![if !supportLists]>2.    <![endif]>Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;

<![if !supportLists]>3.    <![endif]>Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

<![if !supportLists]>4.    <![endif]>Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KODE

NASIONAL + KEACEHAN

3.1

 

Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yangdipresentasikan dengan lisandan tulis sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.2

 

Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.3

 

Mendeskripsikan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan

rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.4

 

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.5

 

Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.6

 

Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.7

 

Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.8

 

Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.9

 

Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.10

 

Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.11

 

Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.12

 

Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.13

 

Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argument beberapa pihak, dan simpulan) sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.14

 

Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani

dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.15

 

Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.16

 

Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi

yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.17

 

Menganalisis unsure pembangun puisi sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

3.18

 

Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist

 

 


 

Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian Program Keahlian : Semua Program Keahlian Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian Mata Pelajaran : Matematika (A)


Jam Pelajaran : 424 JP (@ 45 Menit)

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.


 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia

kerja, warga masyarakat

nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,

kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah Berkaitan dengan Q.S Al-Baqarah : 261

4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel Berkaitan dengan Q.S Al Ra’ad: 16

4.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel

3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual Berkaitan dengan Q.S Ar Rahman : 33

4.3 Menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel

3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel Berkaitan dengan Q.S Al Mujadalah : 11

4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika Berkaitan dengan Q.S Ash Shaff : 1

4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika

3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri Berkaitan dengan Q.S Ash Shaff : 1

4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri

3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas Berkaitan dengan Q.S Thaaahaa : 131

4.7 Menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas

3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku Berkaitan dengan Q.S As Sajdah : 12

4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

3.9 Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran Berkaitan dengan Q.S Al Baqarah: 149 - 150

4.9 Menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran

3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya Berkaitan dengan Q.S An Nisa: 36

4.10 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

3.11 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri

3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus

3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.13 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri

3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.14 Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut

3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks Berkaitan dengan QS Ali Imran : 190-191

4.15 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks

3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3 Berkaitan dengan QS Ar Mursalat : 25-26

4.16 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3

3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua Berkaitan dengan Q.S Al Furqan : 2

4.17 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua

3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga Berkaitan dengan Q.S Al Furqan : 2

4.18 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga

3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat Berkaitan dengan Q.S Al - Anam : 59

4.19 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat

3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi

4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi

3.21 Menentukan persamaan lingkaran Berkaitan dengan Q.S Al Qamar : 49

4.21 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan lingkaran

3.22 Menganalisis masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan) Berkaitan dengan Q.S Al Hujarat : 6

4.22 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )

3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga Berkaitan dengan Q.S Al- Ma’arij:40

4.23 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga

3.24 Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri Berkaitan dengan Q.S Ar-Rad:11

4.24 Menyelesaikan masalah kontekstual kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri

3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual Berkaitan dengan Q.S Ad-Dukhan: 38

4.25 Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi

3.26 Menentukan peluang kejadian Berkaitan dengan Q.S Al Anbia : 16

4.26 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian

3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual Berkaitan dengan Q.S Al Anbia : 7

4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika

3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok Berkaitan dengan Q.S Az-Zukhruf :80

4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok

3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok Berkaitan dengan Q.S Al-Jaatsiyah : 7

4.29 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok

3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar Berkaitan dengan Q.S Al Mulk : 23

4.30 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya Berkaitan dengan Q.S Al –Anfal :65

4.31 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar

3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva Berkaitan dengan Q.S Al –Anfal :66

4.32 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar

3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar Berkaitan dengan Q.S Al – Nur : 9

4.33 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar

3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu Berkaitan dengan Q.S Al – An’am :62

4.34 Menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu



 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian

Program Keahlian : Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia


Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

 

 

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks

pengembangan potensi diri sebagai bagian dari

keluarga, sekolah, dunia

kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan

pengembangan dari yang dipelajarinya

di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas

spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Memahami Konsep Dasar Sejarah (Berpikir Kronologis, Diakronik, Sinkronik, Ruang Dan Waktu Serta Perubahan Dan Keberlanjutan) Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS : Al Haysr :18)

 

 

4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan

keberlanjutan)

3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya masyarakat Pra Aksara

Indonesia Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

§NèOôìÎ7¨?$#s'©#ÏB

kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah Dia Termasuk orang-orang yang mempersekutukan tuhan.( QS An Nahl:123)

 

 

4.2 Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasil-hasil budaya khususnya masyarakat Pra

Aksara Indonesia

3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan,

budaya) Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

4.3 Mengolah informasi tentang berbagai teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)

3.4 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya) Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

$pkšr'¯»tƒ #ZŽöyz ÇÊÊÈ Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri[1409] dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman[1410] dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim. (QS: Al Hujarat :11)

 

4.4 Menyajikan hasil analisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia

(ekonomi, pemerintahan, budaya)

3.5 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis,

Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

 

4.5 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan

bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

3.6 Menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa, lahirnya pergerakan nasional

dan peristiwa sumpah pemuda Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

* 4n<Î)ur ys{r& $[sΩ!$# $tB

dan kepada Tsamud (kami utus) saudara mereka shaleh. Shaleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya[726], karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku Amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."( QS: Huud:61)

 

[726] Maksudnya: manusia dijadikan penghuni dunia untuk menguasai dan memakmurkan dunia.

 

4.6 Menalar dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa lahirnya pergerakan nasional dan peristiwa sumpah

pemuda

3.7 Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan

pendidikan bangsa Indonesia Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

4.7 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia

3.8 Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya

Mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

4.8 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya

mempertahankan kemerdekaan

dari ancaman Sekutu dan

Belanda

3.9 Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

4.9 Menyajikan hasil kesimpulan tentang upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta,

G-30-S/PKI

3.10 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan

sampai dengan masa Demokrasi Terpimpin Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

ô`ÏBur ƒ#uäÇËËÈ

dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

(QS: Ar Ruum:22)

 

4.10 Menyajikan hasil telaah tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal

kemerdekaan sampai masa Demokrasi Terpimpin

3.11 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan

Indonesia Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

* ¨bÎ) ©!$# öNä.ããBù'tƒ br& (

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.

 

 

4.11 Mengolah informasi tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan

Indonesia

3.12 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta

Informal Meeting Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

4.12 Menyajikan hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta

Informal Meeting

3.13 Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak

proklamasi sampai dengan Reformasi) Dikaitkan Dengan Al Quran Dan Hadits

9 ttƒ tûïÏ%©!$#

dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman? (QS Al Anbiya :30)

 

 

4.13 Membuat studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak

proklamasi sampai dengan Reformasi)

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

 

Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian

Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian

Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Jam Pelajaran : 352 JP (@ 45 Menit)

 

 


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut

 

 

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, procedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

 

 

<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris.

 

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan

kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

 

 

3.1 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait jati diri dan

hubungan keluarga, sesuai

dengan konteks

penggunaannya. (Perhatikan

unsur kebahasaan pronoun:

subjective, objective,

possessive), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.1 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

pendek dan sederhana yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

jati diri, dengan memperhatikan

fungsi sosial, struktur teks, dan

unsur kebahasaan yang benar

dan sesuai konteks

penggunaannya.

 

3.2 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

interpersonal lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberikan ucapan selamat

bersayap (extended), dan

responnya, sesuai dengan

konteks penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

 

4.2 Menyusun teks interaksi

interpersonal lisan dan tulis

sederhana yang melibatkan

tindakan memberikan ucapan

selamat bersayap (extended), dan

responnya dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks.

 

3.3 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait niat

melakukan suatu

tindakan/kegiatan, sesuai

dengan konteks

penggunaannya. (Perhatikan

unsur kebahasaan be going to,

would like to), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

4.3 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

pendek dan sederhana yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

niat melakukan suatu

tindakan/kegiatan, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks penggunaannya.

 

3.4 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

deskriptif lisan dan tulis

dengan memberi dan meminta

informasi pendek dan

sederhana terkait orang, benda

dan tempat sesuai dengan

konteks penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.4 Menyusun teks deskriptif lisan

dan tulis, pendek dan

sederhana, terkait orang, benda

dan tempat, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.5 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

khusus dalam bentuk

pemberitahuan (announcement), dengan

memberi dan meminta

informasi terkait kegiatan

sekolah/tempat kerja, sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

4.5 Menyusun teks khusus dalam

bentuk pemberitahuan

(announcement), lisan dan tulis,

pendek dan sederhana, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

3.6 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan 4unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait

keadaan/tindakan/ kegiatan/

kejadian yang

dilakukan/terjadi di waktu

lampau yang merujuk waktu

terjadinya dan kesudahannya,

sesuai dengan konteks

penggunaannya. (Perhatikan

unsur kebahasaan simple past

tense vs present perfect tense), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.6 Menyusun teks interaksi

transaksional, lisan dan tulis,

pendek dan sederhana, yang

melibatkan tindakan unsur dan

meminta informasi terkait

keadaan/tindakan/ kegiatan/

kejadian yang dilakukan/terjadi

di waktu lampau yang merujuk

waktu terjadinya dan

kesudahannya, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

3.7 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

recount lisan dan tulis dengan

memberi dan meminta

informasi terkait

peristiwa/pengalaman sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.7 Menyusun teks recount lisan

dan tulis, pendek dan

sederhana, terkait

peristiwa/pengalaman, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.8 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

naratif lisan dan tulis dengan

memberi dan meminta

informasi terkait legenda

rakyat sederhana, sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.8 Menyajikan teks naratif pendek

dan sederhana terkait legenda

rakyat secara lisan dan tulis

dengan memperhatikan fungsi

social, struktur teks dan unsur

kebahasaan secara benar dan

sesuai konteks

3.9 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan beberapa teks

khusus dalam bentuk memo,

menu, schedule dan signs

dengan memberi dan meminta

informasi terkait kegiatan

sekolah atau tempat kerja,

sesuai dengan konteks

penggunaannya di dunia kerja.

 

 

 

3.9 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan beberapa teks

khusus dalam bentuk memo,

menu, schedule dan signs

dengan memberi dan meminta

informasi terkait kegiatan

sekolah atau tempat kerja,

sesuai dengan konteks

penggunaannya di dunia kerja, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

4.9 Menyusun teks khusus dalam

bentuk memo, menu, jadwal dan

tanda-tanda (signs) lisan dan

tulis, pendek dan sederhana,

dengan memperhatikan fungsi

sosial, struktur teks dan unsur

kebahasaan secara benar dan

sesuai konteks.

 

3.10 Menerapkan fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait

perbandingan kata sifat

sesuai dengan bidang

keahlian dan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.10 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

member dan meminta informasi

terkait perbandingan kata sifat

dengan memperhatikan fungsi

social, struktur teks dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks.

 

3.11 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi tentang petunjuk

arah (direction) sesuai dengan

konteks penggunaannya di

dunia kerja, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.11 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis,

pendek dan sederhana, yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi tentang

petunjuk arah (direction)

dengan memperhatikan fungsi

social, struktur teks dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks di dunia kerja.

 

3.12 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi

terkait kegiatan/tugas-tugas

rutin sederhana (simple

routine tasks) sesuai dengan

konteks penggunaan di dunia

kerja, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.12 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis,

pendek dan sederhana yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

kegiatan/tugas-tugas rutin

sederhana (simple routine

tasks) dengan memperhatikan

fungsi social, struktur teks dan

unsur kebahasaan yang benar

dan sesuai konteks dunia kerja.

 

3.13 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait saran dan

tawaran, sesuai dengan

konteks penggunaannya.

(Perhatikan unsur

kebahasaan should, can), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.13 Menyusun teks interaksi

transaksional, lisan dan tulis,

pendek dan sederhana, yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

saran dan tawaran, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

3.14 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait pendapat

dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

(Perhatikan unsur

kebahasaan I think, I suppose,

in my opinion), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.14 Menyusun teks interaksi

transaksional, lisan dan tulis,

pendek dan sederhana, yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

pendapat dan pikiran, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

 

3.15 Menerapkan fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi

terkait pesan sederhana lewat

telephone (taking simple

phone message) sesuai

dengan konteks

penggunaannya di dunia

kerja, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

 

4.15 Menuliskan kembali teks pesan

sederhana lewat telephone

terkait tempat kerja dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks dan unsur

kebahasaan secara benar dan

sesuai konteks dunia kerja

 

3.16 Menganalisis fungsi 6sosial,

struktur teks, dan 6unsur

kebahasaan beberapa teks

khusus dalam bentuk

undangan resmi dengan

memberi dan meminta

informasi terkait kegiatan

sekolah/tempat kerja sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

4.16 Menyusun teks khusus dalam

bentuk undangan resmi lisan

dan tulis, terkait kegiatan

sekolah/tempat kerja, dengan

memperhatikan fungsi 6nsure,

struktur teks, dan 6unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.17 Membedakan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

khusus dalam bentuk surat

pribadi dengan memberi dan

menerima informasi terkait

kegiatan diri sendiri dan

orang sekitarnya, sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.17 Menyusun teks khusus dalam

bentuk surat pribadi terkait

kegiatan diri sendiri dan orang

sekitarnya, lisan dan tulis,

dengan memperhatikan fungsi

sosial, struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.18 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

prosedur lisan dan tulis

dengan memberi dan

meminta informasi terkait

manual penggunaan teknologi

dan kiat-kiat (tips), pendek

dan sederhana, sesuai dengan

bidang keahlian dan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.18 Menyusun teks prosedur, lisan

dan tulis, dalam bentuk manual

terkait penggunaan teknologi

dan kiat-kiat (tips), dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.19 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait keadaan

/tindakan/ kegiatan/

kejadian tanpa perlu

menyebutkan pelakunya

dalam teks ilmiah, sesuai

dengan konteks

penggunaannya. (Perhatikan

unsur kebahasaan passive

voice), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.19 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta informasi terkait

keadaan/tindakan/

kegiatan/kejadian tanpa perlu

menyebutkan pelakunya dalam

teks ilmiah, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

 

 

 

 

 

3.20 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan untuk

menyatakan dan menanyakan

tentang pengandaian jika

terjadi suatu keadaan/

kejadian/peristiwa di waktu

yang akan datang, sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.20 Menyusun teks lisan dan tulis

untuk menyatakan dan

menanyakan tentang

pengandaian jika terjadi suatu

keadaan/ kejadian/peristiwa di

waktu yang akan datang,

dengan memperhatikan fungsi

sosial, struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks.

 

3.21 Menganalisis struktur teks

dan unsur kebahasaan untuk

melaksanakan fungsi sosial

teks factual report dengan

menyatakan dan menanyakan

tentang teks ilmiah faktual

tentang orang, binatang,

benda, gejala dan peristiwa

alam dan sosial, sederhana,

sesuai dengan konteks

pembelajaran di pelajaran lain, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.21 Menyusun teks ilmiah faktual

(factual report), lisan dan tulis,

sederhana, tentang orang,

binatang, benda, gejala dan

peristiwa alam dan sosial,

terkait dengan mata pelajaran

lain

 

3.22 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

eksposisi analitis lisan dan

tulis dengan memberi dan

meminta informasi terkait isu

aktual, sesuai dengan

konteks penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.22 Menyusun teks eksposisi

analitis tulis, terkait isu aktual,

dengan memperhatikan fungsi

sosial, struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.23 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan pada teks

biografi tokoh sesuai dengan

konteks penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

4.23 Menyusun teks biografi tokoh

lisan dan tulis, pendek dan

sederhana, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

3.24 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait hubungan

sebab akibat, sesuai dengan

konteks penggunaannya.

(Perhatikan unsur

kebahasaan because of ..., due

to ..., thanks to ...), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.24 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta informasi terkait hubungan

sebab akibat, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

 

3.25 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi

terkait penulisan laporan

sederhana, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.25 Menyusun teks interaksi

transaksional tulis yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

penulisan laporan sederhana

dengan memperhatikan fungsi

social, struktur teks dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai dengan konteks

penggunaannya di dunia kerja.

 

3.26 Menganalisis fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi

terkait penyajian laporan

secara lisan (report

presentation), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.26 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

penyajian laporan dengan

memperhatikan fungsi social,

struktur teks dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai dengan konteks

penggunaannya di dunia kerja.

 

3.27 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

interpersonal lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

menawarkan jasa, serta

menanggapinya, sesuai

dengan konteks

penggunaannya. (Perhatikan

unsur kebahasaan May I help

you? What can I do for you?

What if ...?), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.27 Menyusun teks interaksi

interpersonal lisan dan tulis

sederhana yang melibatkan

tindakan menawarkan jasa, dan

menanggapinya dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

3.28 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

khusus dalam bentuk surat

lamaran kerja, dengan

memberi dan meminta

informasi terkait jati diri, latar

belakang

pendidikan/pengalaman

kerja, sesuai dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.28 Menyusun teks khusus surat

lamaran kerja, yang

memberikan informasi antara

lain jati diri, latar belakang

pendidikan/pengalaman kerja,

dengan memperhatikan fungsi

sosial, struktur teks, dan unsur

kebahasaan, secara benar dan

sesuai konteks

 

3.29 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi

terkait jati diri dalam konteks

pekerjaan (wawancara

pekerjaan), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

 

4.29 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan yang

melibatkan tindakan memberi

dan meminta informasi terkait

jati diri dalam konteks

pekerjaan (wawancara

pekerjaan), dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks penggunaannya

di dunia kerja.

3.30 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan untuk

menyatakan dan menanyakan

tentang keharusan, sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.30 Menyusun teks lisan dan tulis

untuk menyatakan dan

menanyakan tentang

keharusan, dengan

memperhatikan fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks.

 

3.31 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan beberapa teks

news item lisan dan tulis

dengan memberi dan

meminta informasi terkait

berita sederhana dari

koran/radio/TV, sesuai

dengan konteks

penggunaannya, dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.31 Menangkap makna secara

kontekstual terkait fungsi

sosial, struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks news items

lisan dan tulis, dalam bentuk

berita sederhana

koran/radio/TV

 

3.32 Menganalisis fungsi sosial,

struktur teks, dan unsur

kebahasaan teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait pengandaian

diikuti oleh perintah/saran,

sesuai dengan bidang

keahlian dan konteks

penggunaannya. (Perhatikan

unsur kebahasaan if dengan

imperative, can, should), dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist

 

4.32 Menyusun teks interaksi

transaksional lisan dan tulis

yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta

informasi terkait pengandaian

diikuti oleh perintah/saran,

dengan memperhatikan fungsi

sosial, struktur teks, dan unsur

kebahasaan yang benar dan

sesuai konteks

 

 

 

<![if !supportLists]>B.       <![endif]>Muatan Kewilayahan

Mata Pelajaran : Seni Budaya

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Seni Budaya pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Seni Budaya. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

<![if !supportLists]>3.1         <![endif]>Memahami konsep budaya. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>4.1.       <![endif]>Mempresentasikan konsep budaya

3.2 Memahami konsep

seni Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>4.2.       <![endif]>Mempresentasikan konsep seni

<![if !supportLists]>3.3         <![endif]>Memahami konsep keindahan. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>4.3.       <![endif]>Mempresentasikan konsep keindahan

<![if !supportLists]>3.4.       <![endif]>Menganalisis jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>4.4              <![endif]>Memilah jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara

<![if !supportLists]>3.5         <![endif]>Menganalisis perkembangan seni budaya Nusantara. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

4.5 Merumuskan perkembangan seni budaya Nusantara

<![if !supportLists]>3.6         <![endif]>Menerapkan apresiasi seni budaya Nusantara. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>4.6              <![endif]>Melaksanakan apresiasi seni budaya Nusantara

 

<![if !supportLists]>3.7         <![endif]>Menerapkan apresiasi seni budaya mancanegara. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

4.7 Melaksanakan apresiasi seni budaya mancanegara

<![if !supportLists]>3.8         <![endif]>Menganalisis karya seni budaya Nusantara. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

 

4.8 Mengeksplorasi karya seni budaya Nusantara

<![if !supportLists]>3.9         <![endif]>Mengevaluasi karya seni budaya Nusantara. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>4.9              <![endif]>Mempresentasikan hasil evaluasi karya seni budaya Nusantara

<![if !supportLists]>4.10     <![endif]> Merancang karya seni budaya Nusantara. Dikaitkan dengan Al-Qur’an dan Hadist.

4.10 Mengkreasi karya seni budaya Nusantara

 

Bidang Keahlian

: Semua Bidang Keahlian

Program Keahlian

: Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian

: Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

 

Kesehatan (B)

Jam Pelajaran

: 144 JP (@ 45 Menit)

 

 

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

 

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

KOMPETENSI INTI 3

KOMPETENSI INTI 4

(PENGETAHUAN)

(KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan,

menganalisis, dan

mengevaluasi tentang

pengetahuan faktual,

konseptual, prosedural dasar,

dan metakognitif sesuai

dengan bidang dan lingkup

kajian Pendidikan Jasmani,

Olahraga dan Kesehatan pada

tingkat teknis, spesifik, detil,

dan kompleks, berkenaan

dengan ilmu pengetahuan,

teknologi, seni, budaya, dan

humaniora dalam konteks

pengembangan potensi diri

sebagai bagian dari keluarga,

sekolah, dunia kerja, warga

masyarakat nasional, regional,

dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik

dengan menggunakan alat,

informasi, dan prosedur kerja

yang lazim dilakukan serta

memecahkan masalah sesuai

dengan bidang kajian Pendidikan

Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan.

Menampilkan kinerja di bawah

bimbingan dengan mutu dan

kuantitas yang terukur sesuai

dengan standar kompetensi

kerja.

Menunjukkan keterampilan

menalar, mengolah, dan menyaji

secara efektif, kreatif, produktif,

kritis, mandiri, kolaboratif,

komunikatif, dan solutif dalam

ranah abstrak terkait dengan

pengembangan dari yang

dipelajarinya di sekolah, serta

mampu melaksanakan tugas

spesifik di bawah pengawasan

langsung.

Menunjukkan keterampilan

mempersepsi, kesiapan, meniru,

membiasakan, gerak mahir,

menjadikan gerak alami dalam

ranah konkret terkait dengan

pengembangan dari yang

dipelajarinya di sekolah, serta

mampu melaksanakan tugas

spesifik di bawah pengawasan

langsung.


 

KOMPETENSI DASAR

 

KOMPETENSI DASAR

 

 

3.1

Menerapkan teknik dasar

4.1

Mempraktikan teknik dasar

 

salah satu aktifitas olahraga

 

salah satu aktifitas olahraga

 

permainan bola besar untuk

 

permainan bola besar untuk

 

menghasilkan koordinasi

 

menghasilkan koordinasi

 

gerak yang baik

Berkaitan dengan Q.S. Muhammad : 36

 

 

gerak yang baik

 

 

 

3.2

Menerapkan teknik dasar

4.2

Mempraktikan teknik dasar

 

salah satu aktifitas olahraga

 

salah satu aktifitas olahraga

 

permainan bola kecil untuk

 

permainan bola kecil untuk

 

menghasilkan koordinasi

 

menghasilkan koordinasi

 

Gerak

Berkaitan dengan Q.S. Muhammad : 36

 

Gerak

 

 

3.3

Menerapkan salah satu

4.3

Mempraktikan salah satu

 

keterampilan aktifitas atletik

 

keterampilan aktifitas atletik

 

untuk menghasilkan gerak

 

untuk menghasilkan gerak

 

yang efektif

Berkaitan dengan Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud

 

Yang efektif

3.4

Menerapkan salah satu

4.4

Mempraktikan salah satu

 

keterampilan aktifitas

 

keterampilan aktifitas

 

olahraga beladiri untuk

 

olahraga beladiri untuk

 

menghasilkan gerak yang

 

menghasilkan gerak yang

 

Efektif

Berkaitan dengan QS.Al-Anfal : 60

 

Efektif

 

 

 

 

 

3.5

Menerapkan latihan

4.5

Mempraktikan latihan

 

pengukuran komponen

 

pengukuran komponen

 

kebugaran jasmani untuk

 

kebugaran jasmani untuk

 

kesehatan (daya tahan,

 

kesehatan (daya tahan,

 

kekuatan, komposisi tubuh

 

kekuatan, komposisi tubuh

 

dan kelenturan)

 

dan kelenturan)

 

menggunakan instrumen

 

menggunakan instrumen

 

Terstandar

Berkaitan dengan Q.S.Al-Qashash : 26

 

Terstandar.

3.6

Menerapkan keterampilan

4.6

Memraktikan keterampilan

 

rangkaian gerak dasar

 

rangkaian gerak dasar

 

aktifitas olahraga senam

 

aktifitas olahraga senam

 

untuk menghasilkan

 

untuk menghasilkan

 

koordinasi yang baik

 

koordinasi yang baik

 

 

Berkaitan dengan Q.S.An-Nisa;9

 

 

 

3.7

Menerapkan keterampilan

4.7

Mempraktikan hasil analisis

 

gerak rangkaian aktifitas

 

gerakan rangkaian aktifitas

 

olahraga senam ritmik untuk

 

olahraga senam ritmik untuk

 

menghasilkan koordinasi

 

menghasilkan koordinasi

 

yang baik

 

yang baik

 

 

Berkaitan dengan Q.S.An-nisa;9

 

 

 

 

 

 

3.8

Menerapkan keterampilan

4.8

Mempraktikan keterampilan

 

salah satu gaya renang pada

aktifitas olahraga air

.Bekaitan dengan HR. An-Nasa’

 

aktifitas olahraga air salah

satu gaya renang pada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.9

Memahami cara perilaku

4.9

Mempresentasikan cara

 

budaya hidup sehat dalam

 

perilaku budaya hidup sehat

-

kehidupan sehari-hari

Berkaitan dengan Q.S. Al-Baqarah : 2

 

dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

<![if !supportLists]>C.       <![endif]>Muatan Peminatan Kejuruan

Mata Pelajaran : SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer Berkaitan dengan Q.S. Ar-Rum : 8

4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)-------------

3.2 Menerapkan metode peta- minda Berkaitan dengan Q.S. Ali Imran : 65

4.2 Membuat peta-minda

3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif dan persuasif Berkaitan dengan Q.S. Al-An’am : 32

4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data Berkaitan dengan Q.S. Yusuf : 109

4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide Berkaitan dengan Q.S. Hud : 51

4.5 Membuat slide untuk presentasi

3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif Berkaitan dengan Q.S. Al-Mukminun : 80

4.6 Melakukan presentasi yang efektif

3.7 Menganalisis pembuatan e- book Berkaitan dengan Q.S. Hud : 51

4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor

3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital Berkaitan dengan Q.S. Al-Qashash : 60

4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital

3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine Berkaitan dengan Q.S. Yusuf : 109

4.9 Melakukan penelusuran informasi

3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Berkaitan dengan Q.S. Ali Imran : 65

4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring Berkaitan dengan Q.S. Al-Mukminun : 80

4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi Berkaiatan dengan Q.S. Al- Baqarah : 44

4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi

3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital Berkaitan dengan Q.S. Al-Baqarah : 44

4.13 Memproduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital

3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital Berkaitan dengan Q.S. Yusuf : 109

4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian

KompetensiKeahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran : Fisika

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap social yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

<![if !supportLists]>5.      <![endif]>Memahami, menerapkan, menganalisis, danmengevaluasitentangpengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

<![if !supportLists]>6.      <![endif]>Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI

WAKTU

<![if !supportLists]>3.1      <![endif]>Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa. Dikaitkan dengan Al-qur’an dan Hadist.

<![if !supportLists]>